Sopan dan Santun Menggunakan Telepon Seluler

Di zaman sekarang bisa dikatakan semua orang memiliki telepon seluler.  Telepon seluler semakin berkembang dan menjadi kebutuhan pokok dijaman teknologi canggih seperti saat ini.  Bisa dikatakan semua merk dan harga bersaing di pasaran dan mendapatkan tempatnya masing-masing di hati setiap orang.  Kita dapat memilih telepon seluler yang bermanfaat bagi kita.  Kita pun dapat membeli telepon seluler sesuai dengan isi kantong kita masing-masing. Dan kita pun memiliki hak untuk mempergunakan telepon seluler sesuai dengan kebutuhan.

Namun apakah dalam mempergunakan telepon seluler kita menghargai hak umum orang lain juga? Pernahkah teman- teman melihat seseorang masih saja menyalakan teleponnya ketika pesawat akan tinggal landas?  Pernahkah teman-teman melihat seseorang dengan suara kerasnya sedang bertelepon ketika di dalam perpustakaan? Pernahkah teman-teman melihat seseorang menyalakan teleponnya ketika film di bioskop sedang diputar? Dan banyak hal lain yang tanpa disadari terjadi pada orang-orang dengan telepon selulernya yang tidak, kurang, terlupa atau memang tidak tahu ada hak umum orang lain di sekitarnya yang bisa saja terganggu.

sumber gambar google

Coba teman-teman lihat beberapa hal di bawah ini mengenai sopan santun dalam menggunakan telepon seluler.  Apakah kamu, atau justru aku (tunjuk diri sendiri), tanpa sadar terlupakan menggunakan telepon seluler secara bijak, sopan dan santun.  Cekidot yaahh....

1.  Rendahkan sedikit suaramu ketika berbicara ditempat umum.
Tidak ada salahnya kita sedikit berbicara pelan ketika kita sedang berbicara di tempat umum.  Hal ini tentu menguntungkan kita dan banyak orang.  Tentu saja orang di sekitar kita tidak akan merasa terganggu dengan suara kita, dan beberapa pembicaraan penting kita tidak akan terdengar oleh banyak orang.

2. Cegah orang lain mendengar pembicaraan pribadi kamu
Pembicaraan yang bersifat pribadi, tentunya bersifat rahasia.  Apapun itu bentuknya, dengan mencegah orang lain mendengar pembicaraan pribadi kamu, secara tidak langsung kamu dapat menyelamatkan diri kamu dari bahaya orang sekitar, baik berupa aib, maupun yang dapat mengancam jiwamu.

3. Mencegah kamu menerima telepon ketika kamu sedang berbicara face to face dengan orang lain.  Jika kamu harus menerima telepon itu, sebaiknya meminta ijin (permisi) dengan lawan bicaramu.
Ketika kita sedang berbicara serius dengan orang lain, gangguan sekecil apapun tentu tidak menyenangkan.  Begitu juga hal yang dapat dirasakan oleh lawan bicaramu.

4.  Tidak mengetik pesan di telepon ketika sedang berbicara face to face dengan orang lain.
Sama halnya dengan menerima telepon ketika sedang berbicara dengan orang lain, hal ini dapat mengganggu kenyamanan.  Kemungkinan dengan kita melakukan hal tersebut, lawan bicara kita merasa diabaikan dan bisa menimbulkan perasaan tersinggung.

5. Matikan suara telepon ketika sedang berada di bioskop, tempat beribadah, perpustakaan dan dimanapun yang sekiranya memang diperlukan ketenangan
Tidak perlu dijelaskan lagi, karena kita akan menyadari betapa menganggunya suara dering telepon ketika berada ditempat-tempat yang memerlukan suara yang hening.

6.  Tidak menyalakan lampu ketika berada di Bioskop 
Ketika film sedang diputar, maka suasana dalam ruangan bioskop menjadi gelap.  Jika ada sedikit sinar disekitarmu, tentu akan mengganggu konsentrasi menikmati film yang kamu tonton.  Begitulah perasaan yang orang lain rasakan.

7.  Mengangkat telepon sambil berkendara.
Tidak usah dijelaskan, telah banyak kecelakaan yang terjadi akibat menyetir sambil bertelepon.

8.  Tidak melakukan hal lain selama berbicara di telepon.
Hal ini dimaksudkan agar pembicaraan menjadi tetap nyambung daan fokus.  Terkadang tidak semua orang bisa fokus terhadap pembicaraan ketika bertelepon sambil mengerjakan hal lain, dan pembicaraanpun bisa menjadi miss

9.  Tidak memasang profil yang kurang pantas 
Profil yang kurang pantas selain membuat orang lain yang tanpa sengaja melihatnya menjadi kurang nyaman, dapat juga memancing kejahatan yang dapat mencelakakanmu.  Waspadalah!

10.  Tidak sembarangan menandai teman di sosmed.
Bersikaplah baik dengan tidak sembarangan menandai foto, gambar, ataupun video di sosmed.  Tidak semua orang senang dengan hal itu.  Jika kamu ingin menandai orang tersebut, yakinkan dulu bahwa orang tersebut tidak berkeberatan, atau mintalah ijin terlebih dahulu dengan orang yang bersangkutan.

11.  Ambil beberapa jarak ketika sedang menelepon dengan orang-orang disekitarmu.  
Dengan mengambil sedikit jarak, secara tidak langsung kamu dapat mencegah orang lain mendengar isi pembicaraanmu.

12.  Patuhi aturan dalam kondisi tertentu kapan boleh atau tidaknya menyalakan telepon.
Misalnya ketika berada di pesawat, segera matikan teleponmu, atau tetap dinyalakan namun dalam mode flight (Pesawat).  Ponsel maupun sistem pesawat sama - sama mengandalkan frekuensi ponsel yang terkoneksi dengan BTS, meski tidak digunakan dalam berkomunikasi, ponsel tetap aktif mencari sinyal.  Sementara pilot berkomunikasi dengan ATC yang mengatur lalu lintas udara.  Terjadinya benturan grlombang elektromagnetik akan menimbulkan noise yang menganggu sistem komunikasi pesawat dan membuat pilot kesulitan mendengar instruksi dari ATC.
Bisa membahayakan bukan?

Semoga kita termasuk orang yang sopan dan santun dalam menggunakan telepon seluler.  Adakah yang dapat menambahkan?

#ODOP
#bloggermuslimahindonesia





















Komentar

Postingan populer dari blog ini

Umi, Banyak Tips dan Trik Menudahkan Hidupmu!

DIY: Kaleng/Ember Cat Bekas Menjadi Kursi

Aku Kesepiankah?