Permainan Kumpul Bocah Sepanjang Masa

Setiap sore (waktu kecil dulu) sebelum magrib,  biasanya kita berkumpul untuk memainkan sesuatu yang membuat kita bergerak kesana kemari, berkeringat dan akhirnya pulang membawa oleh-oleh aroma asam di tubuh kita. *hehee.. Waktu bermain di masa itu, lebih banyak dibandingkan jaman sekarang.  Saat ini, jarang sekali melihat anak-anak bermain permainan seru seperti waktu aku kecil dulu.  Banyak hal yang (mungkin) membuat jarang sekali terlihat anak di masa sekarang bermain permainan seru yang aturannya pun cukup lengkap namun menyenangkan dimainkan bersama-sama.  Banyaknya waktu yang habis di sekolah, ditambah lagi dengan pelajaran di luar sekolah (les), kursus bakat ditambah fisik yang sudah letih menghabiskan waktu di jalan yang semakin padat, membuat anak di masa sekarang lebih memilih bermain gadget yang dapat dimainkan sambil santai dan berbaring-baring.

Yok kita mengenang dan mengingat permainan bocah di saat dulu yang sebenarnya (masih) dapat tetap dimainkan di masa sekarang. 

1.  Permainan ABC Aku Cinta Indonesia
Permainan yang hanya bermodalkan jari-jari kita dan dapat dimainkan paling sedikit dua orang, membuat permainan ini mudah dilakukan, namun tetap menarik untuk dimainkan.  Permainan yang membuatmu berfikir cepat. Bebas menentukan berapa jari yang akan dihitung kemudian disebutkan huruf yang jatuh dijari terakhir.  Huruf itulah yang menjadi acuan huruf pertama untuk menyebutkan nama-nama yang sudah disepakati bersama, misalnya nama hewan, nama negara, nama buah, dan sebagainya.  Jika tidak bisa menjawab, hukuman yang disepakatipun akan didapatkan. 

2.  Balap Karung
Balap karung adalah permainan tradisional yang hingga saat ini masih menjadi permainan tradisional yang populer dan sering dimainkan apalagi saat 17 Agustusan. Permainan ini dimainkan oleh semua kalangan mulai dari anak-anak sampai orang tua sekalipun.

 Tahap-tahap bermain balap karung adalah: 
- Membuat garis awal dan akhir dengan jarak tertentu
- Menggunakan karung sampai menutupi bagian kaki.  Namun karena saat ini karung goni sudah cukup sulit mendapatkannya, kita dapat menggunakan kain sarung yang dibagian ujungnya dijahit sehingga menyerupai karung
- Melompat dari awal hingga garis finish
-Yang tercepat sampai di garis finish merupakan pemenangnya 
 diri dari 3 sampai 6 orang.

3.  Bentengan
Permainan ini menggunakan strategi dan kecepatan dalam menangkap dan menghindari musuh.  Permainan ini sangat seru dan membuat seluruh badan bergerak.

Cara bermain permainan ini adalah:
- Pemain dibagi menjadi 2 kelompok dengan masing-masing kelompok minimal beranggotakan 4 orang
- Setiap kelompok mempunyai benda yang menjadi benteng, bisa dari tiang bambu, bahkan batu sebagai pembatas benteng
-  Setiap kelompok mempunyai kawasan yang disepakati di awal permainan
-  Pemain yang memasuki kawasan lawan, jika tersentuh akan di tahan di sebelah benteng lawan
-  Pemain dapat lolos jika pemain yang satu kelompok berhasil menyentuhnya kembali
-  Pemenangnya adalah kelompok yang berhasil menyentuh benteng lawan tanpa terkena sentuhan dari pemain lawan

4.  Permainan Bola Bekel
Bola bekel sering dimainkan dan sudah ada sejak zaman dulu, permainan ini menjadi permainan favorit bagi anak perempuan. untuk menyelesaikan permainan ini membutuhkan waktu yang tidak sedikit.
Permainan ini menggunakan bola bekel serta biji sebagai pelengkapnya.  Dengan duduk dan membuat lingkaran, pemain bergiliran memainkan bola bekel dengan cara dilempar  lalu pada saat memantul, bola bekel ditangkap kembali sementara sebelum bola bekel memantul kita mengambil biji yang yang sudah disebar di awal lemparan bola bekel pertama kali.  Jumlah mengambil biji secara runut dimulai dari setiap mengambil biji sebanyak 1 biji, kemudian setelah semua biji habis, dilanjutkan dengan 2 biji sekaligus, dan seterusnya.

5.  Conklak
Congklak, siapa yang tidak mengenal permainan tradisional yang satu ini? Permainan yang satu ini memiliki daya tarik sendiri dari bentuk papan congklak yang tersedia. Selain itu permainan ini juga tidak akan membuat kamu mengeluarkan keringat karena kamu bermain dengan duduk dan santai.
Cara bermain permainan conklak adalah:
  1. Permainan ini dimainkan oleh dua orang pemain.
  2. Permainan ini menggunakan alat papan congklak dan biji congklak.
  3. Terdapat 49 biji congklak yang di bagi ke 14 lubang kecil, setiap lubang berisikan 7 biji congklak.
  4. Suitlah untuk menentukan giliran main.
  5. Pemain pertama, membagikan biji congklak yang ada di daerahnya, pilihlah salah satu lubang untuk dibagikan biji congklaknya kepada setiap lubang kecil, dan satu lubang besar yang mmenjadi milik kamu, atau tabungan biji kamu.
  6. Membagikan secara berputar setiap melewati lubang isilah dengan 1 biji congklak.
  7. Begitu setterusnya hingga biji congklak habis, jika sudah habis barulah giliran bergantian bermain.
6.  Engklekan.
Permainan ini dapat dilakukan minimal 2 orang, dengan membuat petak-petak yang dijadikan sebagai permainan.  Permainan ini menggunankan satu kaki sambil melompat di setiap petak yang telah dibuat kecuali di dua petak yang bersebelahan, dapat menggunakan dua kaki

related post Altair bermain engklek

dokumen pribadi


7.  Permainan Kelereng/Ekar/Gundu
Kelereng terbuat dari kaca berbentuk bulat, dan biasanya permainan ini dimainkan oleh anak laki-laki, meskipun anak perempuanpun tidak bermasalah memainkan permainan ini.  Kelereng dimainkan ditanah datar dan dimainkan oleh minimal dua orang dengan peraturan berbeda-beda di setiap jenis permainannya.

8.  Layang-layang

Layang-lanyang adalah permainan yang menyenangkan dan seru. Layangan  berbentuk seperti belah ketupat. Bermain layang-layang ada musimnya, dan disetiap daerah memiliki waktu yang berbeda-beda.
Cara bermain layang-layang adalah:
Membutuhkan ruangan terbuka untuk bermain permainan yang satu ini, seperti lapangan dan juga yang terdapat banyak angin untuk menunjang layangan.
Layangan biasanya terbuat dari kertas atau pelastik, bambu panjang yang tipis dan benang. 
-  Setelah layangan terbang tinggi, permainan akan semakin seru jika kamu beradu dengan pemain lainnya. 
- Biasanya untuk mengadu kamu membutuhkan benang/senar gelasan (senar yang memiliki ketajaman).
Ada yang bermain ada pula yang mengejar, biasanya jika ada layangan yang putus atau kalah aduan, akan dikejar bersama-sama dan berebutan untuk mendapatkan layangan tersebut, dan disinilah keseruan sebenarnya.

9.  Lompat Tali
Lompat tali adalah permainan yang terbuat dari karet gelang dan disusun dan digabungkan.  Permainan ini kebanykan dimainkan oleh anak perempuan.  Permainan dimainkan oleh 3 orang atau lebih. Dengan 2 orang sebagai pemegang tali dan yang lainnya bertugas melompati karet.  Ketinggian karet dimulai dari mata kaki hingga mencapai kepala bahkan tangan yang diacungkan ke atas.  Ketinggian hingga bagian dada, mengharuskan peserta melompat tanpa mengenai karet/tali.  Jika pemain mengenai karet atau terjerat karet maka pemain gugur dan bergantian dengan si pemegang karet.  Jika semua pemain sudah berhasil melewati tantangan lompatan dengan ketinggian akhir, maka permainan akan diulang dari awal, begitu seterusnya.

10.  Petak Umpet
Petak umpet ini sudah menjadi permainan yang bisa dikatakan legendaris, karena permainan yang satu ini tidak hanya ada di Indonesia tapi juga di belahan dunia juga terdapat permainan yang sama, hanya saja penamaan yang berbeda tapi inti dari permainan sama.  
Kamu dapat memainkan permainan ini dengan minimal pemain 3 orang.  Peraturannya cukup beragam, namun mudahnya permainan ini ada yang bertugas menjaga, mencari dan pemain lainnya bersembunyi.  Saat bersembunyi waktu yang diberikan hingga hitungan 10.  Dengan melakukan permainan ini tanpa sadar pemain yang lebih kecil belajar mengurutkan bilangan 1 hingga 10.


Sebenarnya masih banyak permainan yang kerap kali dimainkan dimasa aku kecil dulu, dan masih dapat dimainkan di masa sekarang, karena permainan ini permainan kumpul bocah sepanjang masa. Permainan yang membuat seluruh tubuh bergerak, dan otak berpikir.  Sangat baik baik dimainkan oleh anak-anak, sehingga anak-anak di masa sekarang tidak hanya mengenal gadget.

Apakah kamu mau menambahkan permainan yang lainnya? 

#ODOP
#bloggermuslimahindonesia










Komentar

  1. Wah jadi kangen masa kecil kak.. ^^
    Permainan no 1, biasanya kami namakan 'ABC lima dasar'

    BalasHapus
    Balasan
    1. owh..., tapi cara mainnya sama kan ya?

      Hapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Umi, Banyak Tips dan Trik Menudahkan Hidupmu!

DIY: Kaleng/Ember Cat Bekas Menjadi Kursi

Aku Kesepiankah?