Postingan

Menampilkan postingan dari Agustus, 2017

Left or Right Brain

Gambar
Sudah sejak lama perbedaan otak kiri dan otak kanan terkadang menimbulkan perdebatan.  Banyak hal menarik yang dapat dikulik dari perbedaan-perbedaan itu.  Dari perbedaan cara berpikir, kebiasaan hingga mengambil sebuah keputusan.  Biasanya kebanyakan anak-anak lebih dominan otak kanannya, namun ketika dewasa mulai beragam lebih cenderung dominan otak kanan, kiri atau justru bisa seimbang di tengah (walaupun masih kecil kemungkinannya).

Saya baru saja menemukan infographic dari onlinecollege.org yang membahas beberapa perbedaan dari otak kanan dan kiri.



Yuk kita coba telaah satu persatu ^^

1.  Berdasarkan ikhtisar:
Mirip dengan tampilan belahan otak, mereka benar-benar mengelola fungsi yang sangat berbeda, yang dikaitkan dengan karakteristik dan kemampuan yang berbeda seperti :
Kiri :Sering berorientasi pada tujuan dan terorganisasi dengan baik, berotak kiri adalah pemikir kritis dan jarang yang tidak memiliki sebuah pemikiran kanan: sedikit tidak terorganisir, tidak dapat diprediksi, …

Introvert atau Ekstrovert?

Gambar
Hari Selasa, 29 Agustus 2017, saya dan anak-anak ketemuan dengan teman yang pernah beberapa kali whatsapp an.  Kebetulan kami sama-sama tergabung dalam grup homeeducation.  Teman saya itu sedang berkunjung ke Palembang karena ada keperluan, di saat senggangnya itulah kami bisa ketemuan untuk pertama kalinya.  Yippiee! Setelah sekian lama, akhirnya yaah.. ^^

Sepertinya dari foto saja bisa terlihat bagaimana seorang ekstrovert dan introvert  (foto : dokumentasi pribadi)
Dalam beberapa kali percakapan kami di Whatsapp, kami sudah sering membahas karakter anak-anak kami.  Kebetulan usia anak kami seumuran, hanya berbeda beberapa hari.  Anak perempuannya yang manis dan kalem, menurut teman saya, anaknya seorang yang introvert, kebalikan dengan anak laki-laki saya berkarakter ekstrovert, tepatnya feeling ekstrovert.

Taraaa..., kami bertemu dan berbincang-bincang tentang beberapa hal.  Yup! bisa dikatakan perbedaan yang signifikan antara introvert dan ekstrovert.  Introvert lebih cenderung m…

Ketika Tayo Mengalahkan Emak-Emak

Gambar
Hai Tayo...hai Tayoo....!
Pernah dengar tentang si Tayo ini? Rasanya kebanyakan orang, khususnya emak-emak mesti kenal dengan si Tayo ini. Kalo sampe ga kenal, wiihhh...ya ga kenapa-kenapa juga. Tapi kalo ngerasa kenal, mesti karena sudah kalah bersaing sama si Tayo ini. *xixii
Koq bisa?
Naah...sebelum berpikir yang tidak-tidak, mari kita cari tahu dulu siapa Tayo ini.

Tayo adalah sebuah nama bus yang berwarna biru dengan karakter menyenangkan walaupun sesekali sedikit usil. Dia adalah yang ketiga tertua dari empat. Tayo merupakan salah satu tokoh dalam serial Tayo the Little Bus (Kkoma-beoseu Tayo) adalah serial animasi korea yang dibuat oleh Iconix Entertainment dan Educational Broadcasting.



Tayo tidak sendirian. Dia memiliki teman-temannya yaitu:
Rogi (Bus berwarna hijau) yang merupakan sahabatnya. Meskipun mereka berdua sering masuk ke perkelahian dengan satu sama lain, hehe... Rogi adalah bus yang Lucu dan sering sibuk sendiri. Dia juga memiliki minat dalam pekerjaan detek…

Menghilangkan Bau Rokok di Kamar Mandi

Gambar
Teringat postingan seorang teman di Facebook tentang aroma rokok yang mengganggu di kamar mandinya membuat saya ingin membagikan tips menghilangkan, atau paling tidak mengurangi aroma bau rokok, dan mungkin saja bisa untuk aroma tak sedap lainnya.

Memang tidak bisa dipungkiri, meskipun di rumah tidak ada yang merokok, namun dari semua tamu yang datang kerumah kita, diantaranya mungkin saja seorang perokok!Apalagi jika salah satu anggota keluarga kita adalah seorang perokok, dan bahkan ketika di kamar mandi menghabiskan waktu dengan merokok. *uupss..
Aroma urin dari seorang perokok biasanya khas, sama seperti jika mengkonsumsi jenis makanan beraroma tajam, aroma urin kita jadi ikut terpengaruh.



Sudah penasaran kan, kira2 apa saja yang bisa kita lakukan😉 cekidoot

1. Jangan ada lagi yang boleh merokok*boleh ga ya😁
2. Teteskan cuka beberapa tetes di handuk, lalu kibaskan
3. Taruh kopi dimangkok, letakkan di tempat tersembunyi/sudut ruangan
4. Taburkan baking soda di lantai dan luban…

Punya Anak Jangan Sekedar Punya Anak

Gambar
"Haiii....! Udah berapa buntut loe sekarang?"

"Hayuklah, nambah lagi..., biar rame"

"Semoga cepet punya anak yah"

"Mau sampai kapan nih? Buruan punya anak sebelum usia kamu tambah tua"

Dan banyak percakapan yang ujung-ujungnya dikaitkan dengan masalah anak.

Kemarin malam, saya berkunjung ke rumah tetangga saya yang pintar jahit. Kebetulan tujuan utama saya adalah ngambil pesanan jahitan beberapa hari yang lalu. Tetangga saya ini, yang biasanya saya panggil dengan sebutan tante, adalah orang yang pendiam. Mungkin seorang penjahit pada umumnya memang pendiam ya? Jika bicara dengan beliau, omongannya terbatas, hanya seputaran, iya-tidak atau mungkin. Tapi tidak malam itu. Padahal saya mengambil jahitan saya sudah cukup malam, hampir jam 9 malam. Karena pintunya masih terbuka, jadi saya memberanikan diri untuk tetap bertamu. Dan ternyata dia biasa tutup pintu setelah jam 9 malam, jadi saya memang kemalaman, tapi masih diberi ijin masuk, dan …

Pentingkah mengetahui Pohon Keluarga?

Gambar
Beberapa hari lalu, saya menemani anak pertama saya belajar mengenai silsilah keluarga. Silsilah keluarga yang dikenal juga dengan pohon keluarga atau family tree dalam bahasa inggrisnya *hehehe...



Sebenarnya seberapa pentingkah kita mengetahui asal keturunan kita? Pernahkah terbayang bagaimana nasib anak-anak yang tidak tahu dilahirkan oleh siapa? Apakah penting baginya mengetahui dia memiliki keluarga atau tidak, sementara setiap harinya, waktu yang dihabiskan hanya untuk menafkahi dirinya sendiri, berjuang dan berharap hidupnya akan semakin baik. Bahkan seringkali yang terjadi ketika ia sudah berhasil banyak yang mengaku-ngaku sebagai keluarganya, padahal sebelumnya ia merasa tidak memiliki keluarga. Miris bukan?

Lalu bagaimana dengan anak-anak yang tahu dilahirkan oleh siapa? Seberapa pentingkah mengetahui asal usul keluarganya? Apakah dengan mengetahui dia berasal dari keluarga yang seperti apa dapat mempengaruhi hidupnya? Akankah jika ia tahu bahwa dia berasal dari keturunan…

Kebiasaan Yang Dapat Membuat seorang Ibu Menjadi Efektif!

Gambar
Apakah kamu seorang Umi, Ibu, Mama, Mommy, Bunda atau apapun sebutanmu..., dimana-mana banyak orang yang menganggap seorang Ibu "harus' bisa melakukan semuanya dengan sederet -to do list- dan dilakukan dengan sempurna.  woaah.. Perfecto! Tapi apakah mungkin jika hanya seorang Ibu melakukan hal itu semuanya sendirian tanpa asisten?
Tentu saja sangat menyenangkan jika kita dapat memiliki salah satu asisten untuk membantu mengerjakan beberapa tugas kita, pada kenyataannya tidak semua orang dapat memiliki asisten dikarenakan beberapa alasan.  *ini tidak hanya berbicara mengenai keterbatasan ekonomi saja ya ;)

Jadi, sebenarmya apa yang dapat membuat seorang Ibu berhasil mengerjakan semuanya dengan baik, meskipun jika dirasakan dalam waktu 24 jam saja masih terasa kurang *xoxoxo...

KEBIASAAN! Kebiasaan yang dapat membuat para Ibu tanpa asisten dapat menyelesaikan semuanya dengan efisien.  Kebiasaan apa sajakah itu? yuuk kita coba simak satu-persatu  (ceileh) ^^

1.  Bangunlah lebih…

Serunya Packing (Mainan juga) Pindahan Rumah

Gambar
Packing merupakan hal utama ketika kita mau pindahan rumah. Jika packing tidak dilakukan dengan cermat, bukan tidak mungkin akan ada barang yang rusak selama perjalanan. Sungguh amat disayangkan bukan?

Di masa sekarang sudah banyak sekali jasa pindahan sekaligus packing. Dengan jaminan asuransi, barang yang dibawa diyakini selamat sampai ditujuan, namun biaya yang dikeluarkan untuk jasa tersebut terbilang tidak sedikit. Wajar saja karena pihak jasa menjamin keamanan dan keselamatan barang yang dibawa. Jasa pindahan seperti ini sangat bermanfaat untuk jarak jauh, kita tidak akan banyak berpikir bagaimana prosesnya, barang sudah sampai tujuan, semua sudah jadi satu paket dari pengepakan, proses angkut hingga tiba ditempat.

Namun jika jarak kepindahan dekat atau dana kita terbatas, rasanya pengepakan dapat dilakukan sendiri secara mandiri. Kita dapat melibatkan semua anggota keluarga. Meskipun sedikit capek dan repot, bukan tidak mungkin kita mengajarkan bentuk tanggungjawab ke…

Bagaimana Menyiapkan Anak-Anak untuk Pindah ke Rumah Baru

Gambar
Kami baru saja selesai merenovasi rumah, itu artinya kami harus pindah ke rumah baru kami.  Untuk saya yang dewasa dan lebih terbiasa berpindah-pindah, mungkin rasanya tidaklah terlalu sulit untuk menyesuaikan diri meninggalkan lingkungan lama dan menyesuaikan diri di lingkungan baru, meskipun beberapa hal membuat saya merasa sedikit kehilangan dengan suasana, dan teman-teman di sekitar rumah lama (tetangga) yang sering berinteraksi dengan saya, namun dengan seiringnya waktu semua dapat cepat terkendali.

Satu hal yang menjadi pemikiran kami adalah, apakah hal ini akan mempengaruhi anak-anak kami, dengan perubahan suasana, kebiasaan, kondisi rumah, dan tentu saja teman-teman sekitar.  Sebelum melangkah dan menebak-nebak apa yang akan terjadi, saya hanya berpikir bagaimana menyiapkan bukan saja pengemasan barang-barang untuk kepindahan, namun mental dan penerimaan lingkungan untuk anak-anak saya.  Bagaimana kami melakukan hal itu? Beberapa hal yang saya lakukan untuk mengantisipasi kon…

Trik Renovasi Rumah Kami

Gambar
Siapa sih yang tidak ingin memiliki rumah yang nyaman? Meskipun ada pepatah bagaimana bentuk tempat tinggalmu, yang bisa membuat dirimu nyaman adalah dirimu sendiri. Namun bagaimanapun impian memiliki rumah yang nyaman dan tentunya sehat adalah dambaan setiap orang.

Kebetulan kami baru saja merenovasi rumah. Renovasi rumah, biasanya kebanyakan berkisar antara mengecat, mengganti keramik, atau mengganti atap yang bocor. Sayangnya itu tidak terjadi kepada kami. Kami 'terpaksa' merenovasi rumah tidak hanya melakukan hal itu saja. Namun beberapa hal membuat kami menjebol dan memasang pondasi baru. Namun Karena keterbatasan dana, yang namanya renovasi tetap harus memperhitungkan bagian-bagian menjadi tetap berfungsi agar dana renovasi tidak menjadi terlalu membengkak.

Baca juga : DIY Kaleng Cat Bekas menjadi Kursi

Mengapa kami memilih rumah itu? Jika di suruh memilih, tentu kami inginnya membeli rumah yang lokasi strategis dekat dengan tempat umum, dan yang jelas dekat denga…

DIY: Kaleng/Ember Cat Bekas Menjadi Kursi

Gambar
Kamu punya kaleng atau ember bekas cat ga kepake? Kalo udah kebanyakan buat dijadikan pot atau tempat penampungan air, kali ini kita jadikan sesuatu yang fungsional yook😉

Pernah gak lihat tukang bangunan ketika ingin meraih tempat yang sedikit agak tinggi namun tidak menggunakan tangga?
Naah ini dia! kaleng atau ember cat biasanya sering digunakan untuk dinaiki oleh mereka. Emang kuat? Jika disuruh melakukan analisis uji kekuatan dan ketahanan, rasanya terlalu lebai ya?! Cukup sudah dibuktikan oleh mereka si tukang-tukang bangunan saja deh. Kondisi kaleng/ember cat pada kenyataannya tidak pecah atau remuk setelah dinaiki.

Jadi, ember cat bekas itu akan kita jadikan tangga. Eh, maksudnya kursi sekaligus tempat penyimpanan perkakas (alat kebun, misalnya) dan bisa juga sewaktu2 dijadikan tangga kecil darurat... *lho

Bahan-bahannya yang diperlukan adalah:
-ember sekaligus tutupnya
(Jika tutupnya hilang bisa digantikan dengan triplek atau karton tebal sebagai alas
-busa
-gunting
-pen…

BLW, Mengapa Tidak?

Gambar
Akhir-akhir ini viral berita mengenai andien, notabene seorang selebritis yang telah memberikan makanan padat kepada anaknya diusia MPASI.  Membuat saya menjadi sedikit tergelitik bercerita mengenai metode blw yang saya gunakan juga kepada anak kedua saya.  Tidak untuk bermaksud membandingkan dengan metode lain, atau menyama-nyamakan atau apapun itu dengan metode blw yang andien atau siapapun yang melakukan hal serupa.  Yang saya tulis ini adalah murni pengalaman pribadi yang saya lakukan.

Sebelum jauh saya bercerita apa yang saya alami, perlu kita ketahui dulu bahwa
BLW adalah singkatan dari baby led weaning.  BLW adalah metode proses menyapih dengan cara membiarkan bayi untuk memimpin seluruh proses, menggunakan naluri dan kemampuan mereka. Bayi menentukan saat menyapih dimulai dan berakhir.  Meskipun terdengar ganjil, sangatlah masuk akal melihat secara dekat bagaimana mereka berkembang. (Rapley et al, 2008: 2) Alasan BLW menurut saya masuk akal, bayi, anak-anak belajar berguling, …

Mengenalkan dan Mengajarkan Berbagai Emosi pada Anak

Gambar
Saya adalah orang yang sangat terbuka menggambarkan bagaimana emosi dan perasaan yang sedang dialami.  Maksudnya adalah, ketika saya marah, maka saya terbiasa mengatakan langsung kepada orang yang bersangkutan bahwa saya marah, sekaligus dengan beberapa alasan dan penyebabnya. Begitu pula ketika saya merasa sedih, kecewa, bahagia, ragu dan sebagainya.  Dan pengungkapan saya tidak dengan emosi yang meledak-ledak.  Pada awalnya, pasangan mungkin menganggap kebiasaan saya adalah sebuah lelucon.  Karena saya dapat mengatakannya secara biasa saja, lebih tepatnya mencoba mengatur emosi saya beberapa saat.  Rasanya sih berat jika tidak terbiasa, atau orang yang bersangkutan dengan penyebab emosi saya itu ternyata orang yang emosinya tidak bisa ditebak.  Hanya, saya mulai membiasakan hal ini agar lawan bicara saya bisa mengerti apa yang saya rasakan.  bukan hanya menebak-nebak, dan sayapun tidak menghabiskan waktu dengan emosi yang kurang baik dalam waktu lama.

Bagi orang dewasa yang sering …

Serunya Lomba 17 Agustusan di Kampungku dengan Permainan Anak

Gambar
Hari ini, 17 agustus 2017 adalah peringatan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke 72 tahun.  Waah ga terasa ya, kita sudah merdeka selama 72 tahun!  Seperti tahun-tahun sebelumnya, upacara detik-detik kemerdekaan Indonesia di Istana Merdeka selalu ditayangkan secara nasional oleh seluruh stasiun televisi secara langsung.  Upacara peringatan pun tak luput diadakan di seluruh sekolah dan perkantoran di tanah air.  Pusat perbelanjaan dan pertokoan bahkan ikut memperingati dengan memberikan diskon khusus bertemakan khusus peringatan 17 Agustus. Tak terkecuali peringatan 17 agustusan di daerah-daerah seluruh penjuru tanah air dimeriahkan dengan berbagai kegiatan menarik bertema Indonesia.

Di Kampungku, salah satu bagian dari Kota Palembang, tak mau kalah ikut merayakan kemerdekaan yang ke 72 dengan berbagai kegiatan lomba permainan.  Sejak hari-hari sebelumnya mulai terlihat persiapan dimana-mana.  Pemugaran gapura baru dengan dominasi merah-putih, pemasangan bendera Indonesia di set…

Tahapan Mengajarkan Anak-Anak Mengenal Uang

Gambar
Tidak semua orangtua yakin kapan dan bagaimana cara mengajarkan anak-anak mengenai konsep uang dan keuangan.  Mengajarkan bagaimana melakukan pengeluaran secara bijak dan bertanggungjawab.  Namun tidak ada salahnya kita mengajarkan anak-anak mengenai uang sejak dini dan berdasarkan tahapan usianya, karena konsep mengenai uang, mengeluarkan, dan menyimpannya bisa menjadi sesuatu yang sulit dipahami oleh anak-anak, dan tidak semua anak terekspos materi mengenai keuangan di Sekolah.

Saya akan mencoba membagi beberapa tahapan usia dalam mengenal uang dan beberapa ide permainan yang bisa dilakukan.

*Usia 3-5  tahun
Saat usia ini, sebaiknya orangtua mulai mengajarkan anak bagaimana cara menyisihkan uang dalam setiap perbelanjaan, dan mengajarkan pengetahuan dasar fungsi dari bank.  Diharapkan anak dapat mengerti tentang kesabaran dan perbandingan antara menyimpan maupun mengeluarkan.

Ank-anak di usia ini belum bisa memahami keuangan secara kompleks, tapi praktek langsung dengan uang dapat …